Penggunaan pil kontrasepsi pagi hari memiliki keuntungan dan kerugian yang sama dengan itu. Berikut adalah beberapa pro dan kontra tentang apa yang perlu Anda ketahui:

Kelebihan:

1. Ini bisa menjadi pilihan terakhir Anda untuk menghindari kehamilan yang tidak diinginkan.

2. Jika Anda berusia 17 tahun atau lebih, Anda tidak perlu resep untuk membeli pagi setelah pil. Anda dapat melakukan ini sesegera mungkin setelah hubungan seks tanpa kondom.

3. Dengan mengonsumsi tablet ini, Anda dapat menghindari stres dan ketegangan yang tidak perlu tentang kehamilan yang tidak diinginkan.

4. Bahkan jika pil gagal mencegah kehamilan, mereka tidak akan membahayakan bayi.

5. Pil ini tidak akan mempengaruhi peluang Anda untuk mendapatkan kehamilan di masa depan. Kesuburan Anda tetap sama dan kembali ke musim berikutnya.

6. Penelitian telah menunjukkan bahwa pagi setelah pil efektif mengurangi risiko kanker endometrium dan ovarium.

Kontra:

1. Mereka dapat menyebabkan beberapa efek. Beberapa efek samping adalah mual, muntah, pusing, diare, sakit perut, sakit kepala, pendarahan tidak teratur dan nyeri dada.

2. Pagi setelah pil juga dapat menyebabkan beberapa efek samping yang serius seperti masalah hati, penyakit kandung empedu, tekanan darah tinggi dan pembekuan darah di jantung, usus dan paru-paru.

3. Mereka dapat menyebabkan komplikasi kesehatan yang serius bagi wanita yang menderita diabetes, penyakit jantung dan migrain.

4. Mereka juga mungkin memiliki efek buruk pada wanita di atas 35 tahun dan memiliki gangguan kardiovaskular, trombosis vena dalam, masalah hati dan kanker payudara.

5. Penggunaan pil setelah pagi meningkatkan risiko kehamilan ektopik. Dalam kehamilan ini, embrio tergantung pada tuba fallopi daripada rahim. Jika Anda menggunakan pil setelah tidur, kehamilan mungkin tidak terdeteksi. Ini karena gejala kehamilan ektopik mirip dengan efek samping pil: mual dan sakit perut. Jika tetap tidak ditentukan untuk waktu yang lama, itu bisa terbukti berakibat fatal.

6. Selain dari efek samping ini, tubuh mungkin memiliki reaksi alergi terhadap obat yang menyebabkan ruam dan masalah pernapasan.

7. Selain dari efek samping fisik, tablet kontrasepsi darurat juga dapat memiliki dampak yang lebih besar pada masyarakat. Akses over-the-counter untuk kontrasepsi darurat meningkatkan pertanyaan tentang penyalahgunaannya. Banyak orang berpikir ini dapat menyebabkan peningkatan sifat, Penyakit Menular Seksual (STD) dan meningkatkan kekerasan seksual terhadap perempuan.

Meskipun penggunaan pil setelah pagi menjadi penting untuk mencegah kehamilan setelah hubungan seks tanpa kondom, penggunaannya harus dihindari secara teratur.



Source by Asaf Reich